Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Besek Bambu, Harapan Baru untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga di Kapanewon Kokap

Minggu, 08 September 2024 | 15.48 WIB Last Updated 2024-09-08T08:49:02Z

Kokap, 8/9/2024 – Semangat belajar membuat besek dari bambu terlihat jelas pada puluhan peserta pelatihan yang diselenggarakan oleh Majelis Pemberdayaan Masyarakat Cabang (MPM PCM) Kokap bekerja sama dengan PRA dan PRM Hargowilis yang berlangsung di Pendopo Guyup Rukun, Sremo Lor, Hargowilis ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat, khususnya dalam bidang kerajinan tangan.

Ketua penyelenggara, Sri Widada S.IP., M.M., dalam sambutannya menyampaikan pentingnya peran ekonomi dalam ketahanan keluarga. Beliau juga memberikan motivasi kepada para peserta untuk berwirausaha. “Dengan keterampilan membuat besek ini, diharapkan dapat menjadi sumber penghasilan tambahan bagi keluarga,” ujar Sri Widada.

Senada dengan Sri Widada, salah satu peserta, Ibu Wagiem, mengungkapkan rasa antusiasnya mengikuti pelatihan ini. “Saya sangat senang dan berharap keterampilan ini bisa meningkatkan penghasilan keluarga,” ungkapnya.

Burhanudin. S.H., pemateri utama, memberikan pemaparan mengenai peluang pasar yang sangat luas untuk produk kerajinan besek. Selain ramah lingkungan, besek juga memiliki nilai seni dan budaya yang tinggi.



Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan masyarakat Hargowilis semakin kreatif dan mandiri secara ekonomi. Besek bambu tidak hanya menjadi produk kerajinan, tetapi juga menjadi simbol pelestarian lingkungan dan kebudayaan. (*)