Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Lembaga Resiliensi Bencana PDM Kulon Progo Lakukan Dropping Air Bersih di Kalurahan Gotakan

Jumat, 09 Agustus 2024 | 07.00 WIB Last Updated 2024-08-11T03:58:29Z


Kulon Progo, 8 Agustus 2024 - Lembaga Resiliensi Bencana (LRB) PDM Kulon Progo melalui Bidang Tanggap Darurat, Rehabilitasi, dan Rekonstruksi (TDRR) melakukan aksi kemanusiaan dengan mendistribusikan air bersih di Kalurahan Gotakan, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, pada Kamis (8/8/2024). Kegiatan ini merupakan upaya tanggap darurat LRB dalam menghadapi bencana kekeringan yang tengah melanda daerah tersebut.

Koordinator Bidang TDRR LRB PDM Kulon Progo, Yusuf Arifianto, menyatakan bahwa dropping air bersih ini adalah bagian dari kesiapsiagaan menghadapi bencana kekeringan yang sudah diantisipasi sejak dikeluarkannya Surat Keputusan Gubernur tentang penetapan status siaga bencana kekeringan pada 30 Juli 2024. "Dropping air bersih ini merupakan tindak lanjut dari SK Gubernur tentang penetapan status siaga bencana kekeringan yang dikeluarkan pada 30 Juli 2024," ujar Yusuf.

Sebanyak 16.000 liter air bersih berhasil disalurkan ke empat titik di Kalurahan Gotakan. Bantuan ini diterima oleh sedikitnya 30 laki-laki, 38 perempuan, 10 balita, serta 12 hewan ternak. Kegiatan ini berjalan lancar dengan melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat setempat. Mereka sebelumnya telah mempersiapkan tempat penampungan air, sehingga tim LRB hanya perlu menyalurkan air di titik-titik yang telah ditentukan.


Yusuf juga menegaskan bahwa sebelum melakukan penyaluran, tim LRB telah melakukan asesmen untuk memastikan distribusi air bersih tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan. "Kami melakukan asesmen terlebih dahulu, supaya kegiatan dropping air bersih bisa tepat sasaran dan lancar," tegas Yusuf.

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan kesiapsiagaan LRB PDM Kulon Progo dalam menghadapi bencana kekeringan yang berpotensi mengancam kehidupan masyarakat dan hewan ternak di wilayah tersebut.

Reporter: Hilmi Musthafa