Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

PCNA Galur Gelar “Beach Clean-Up”

Minggu, 30 Juni 2024 | 20.28 WIB Last Updated 2024-06-30T13:28:40Z


GALUR - Dalam rangka memeringati Milad ke 93/96 Nasyiatul ‘Aisyiyah, maka Pimpinan Cabang Nasyiatul ‘Aisyiyah (PCNA) Galur melaksanakan kegiatan Beach Clean-Up, Ahad (30/06/2024). Kegiatan dengan mengambil tema Gotong Royong untuk Kemanusiaan Semesta dilaksanakan di Pantai Trisik, Banaran, Galur, Kulon Progo dan diikuti oleh 70 peserta perwakilan dari beberapa organisasi. Organisasi yang tergabung dalam kegiatan antara lain berasal dari Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Galur, Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) Galur, Pimpinan Ranting Nasyiatul ‘Aisyiyah (PRNA) Banaran, dan Karang Taruna Banaran. Kegiatan juga didukung penuh dari Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Banaran.

Ketua PCNA Galur, Annisa Muslimah dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Beach Clean-Up sebagai sebagai upaya mengkampanyekan gerakan menjaga kelestarian lingkungan pesisir pantai karena melihat fakta di lapangan terkait kesadaran masyarakat dan wisatawan masih sangat kurang. “Melihat masih banyak sampah berserakan yang mengurangi kelestarian lingkungan pantai, ini menjadi perhatian besar bagi kita semua. Banyak kerusakan alam yang terjadi akibat ulah tangan manusia. Harapannya kegiatan ini bisa mengedukasi masyarakat dan wisatawan untuk lebih menyayangi alam,” jelasnya.

Ketua panitia, Noviana Puspitasari juga menyampaikan harapan pelaksanaan kegiatan. “Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar pesisir pantai serta bisa menjadi inspirasi bagi orang lain,” ungkapnya.

Selain kegiatan bersih pantai, PCNA Galur juga melakukan seruan kepada wisatawan untuk bersama-sama menjaga kebersihan pantai melalui beberapa kegiatan edukasi.

Ketua POKDARWIS Banaran, Edi Yulianto menyampaikan terkait permasalahan kebersihan pantai serta berterimakasih atas berlangsungnya kegiatan. “Permasalahan di Pantai Trisik tidak akan lepas dari sampah, karena dekat dengan muara Progo sehingga perlu aksi bersama bagaimana upaya mengatasi masalah sampah yang tidak hanya menjadi tanggung jawab masyarakat sekitar dan pengelola.

“Dalam hal ini saya sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada PCNA Galur. Harapannya kedepan selalu ada kegiatan-kegiatan kolaborasi lagi dan dari POKDARWIS siap untuk berkolaborasi serta tentunya siap mendukung kegiatan terutama kegiatan-kegiatan kemuhammadiyahan untuk masyarakat,” jelasnya.

Ketua KOKAM Galur sekaligus peserta kegiatan, Marsudi Raharja juga menyampaikan kesan pesan yang sangat bagus serta mengapresiasi kegiatan. “Terimakasih banyak dan sudah dilibatkan ikut berpartisipasi. Agar kegiatan bisa dilaksanakan secara kontinu dan lebih kolaborasi dengan beberapa relawan-relawan,” jelasnya.

Kegiatan yang mendapat apresiasi dari berbagai pihak tentunya tidak hanya dilaksanakan pada satu titik namun pada beberapa titik, seperti area lapangan, area parkir dan area utama di sepanjang pinggir Pantai Trisik.