Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

PDM Kulonprogo Meningkatkan Kualitas Pelaksanaan Qurban Melalui Pelatihan

Senin, 27 Mei 2024 | 11.44 WIB Last Updated 2024-05-27T04:44:46Z

Kulon Progo, 26 Mei 2024 - "Pelatihan Sukses Qurban Muhammadiyah" digelar oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kulon Progo di SMK Muhammadiyah 3 Wates pada Ahad, 26 Mei 2024. Ada sekitar 85 peserta yang turut serta, terdiri dari perwakilan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM), Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM), dan Amal Usaha Muhammadiyah bidang Pendidikan (AUM Pendidikan) tingkat SMP dan SMA se-Kulon Progo.

Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para kader Muhammadiyah dalam melaksanakan serta mengelola qurban sesuai dengan syariat Islam. Kolaborasi Majelis Tabligh, Majelis Tarjih, Lazismu, dan Lembaga Dakwah Komunitas PDM Kulonprogo turut memeriahkan kegiatan ini.

Dr. H. Ruslan Fariadi A.M., S.Ag., M.S.I. dari Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah memberikan materi mengenai fiqh amalan bulan Dzulhijjah sesuai dengan Fatwa Tarjih Muhammadiyah. Beliau menekankan pentingnya memperbanyak amal shalih serta meninggalkan kemaksiatan, sesuai dengan surat At-Taubah: 36, di mana Allah SWT memerintahkan umat Islam untuk menghindari kemaksiatan.


Ir. Putut Proboseto Agung Nugroho dari Lembaga Pengkajian, Pengawasan, dan Pendampingan Produk Halal PWM DIY juga turut hadir, membahas teori dan praktik sembelihan halal. Anwar, S.E. dari Majelis Ekonomi Bisnis Pariwisata dan Pemberdayaan UMKM PDM Kulon Progo, turut menyampaikan strategi peternakan dan pemasaran hewan qurban.

Forum diskusi aktif bagi peserta untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan, dengan tujuan mempersiapkan pelaksanaan qurban yang lebih baik di masa depan. Harapannya, melalui pelatihan ini, kualitas pelaksanaan qurban di lingkungan Muhammadiyah dapat meningkat.