Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

OlympicAD Kulon Progo Siapkan Kafilah untuk Berlaga di OlympicAD DIY

Rabu, 13 Desember 2023 | 11.36 WIB Last Updated 2023-12-13T05:47:36Z

 

KULON PROGO, persyarikatanku.com - Muhammadiyah dan Olympiade merupakan dua kata yang tidak dapat dipisahkan dalam lintasan sejarah persyarikatan. Babakan sejarah bangsa ini telah menunjukkan betapa kegiatan Olympiade – waktu itu dikenal dengan istilah Congres Moerid – telah secara rutin diselenggarakan Muhammadiyah. Sejak tahun 1925an, kegiatan ini (Congres Moerid) digelar dengan dua tujuan, yaitu merajut silaturrahim dan kompetisi. Karena itu, Olympiade merupakan salah satu tradisi besar yang telah diwariskan oleh para pendahulu Muhammadiyah.

 

Tradisi besar yang sebelumnya dikenal dengan Congres Moerid itu terus dirawat dan diselenggarakan secara rutin oleh Muhammadiyah. Pada saat sekarang ini, tradisi itu dibakukan dengan nama Olympiade Ahmad Dahlan atau disingkat OlympicAD. OlympicAD adalah salah satu agenda resmi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Majelis Dikdasmen dan PNF Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Agenda nasional tersebut selalu diselenggarakan setiap 2 (dua) tahun sekali.

 

Dalam beberapa tahun terakhir, OlympicAD telah menuai sukses diselenggarakan di sejumlah daerah, seperti Malang (2005 dan 2014), Surakarta (2010), D.I. Yogyakarta (2012), Lampung (2017) dan di Semarang (2019).

 

OlympicAD di Kulon Progo hari ini diselenggarakan dalam rangka mempersiapkan kafilah yang akan ikut berlaga di momen OlympicAD DIY yang akan dilaksanakan pada hari Rabu – Kamis tanggal 17-18 Januari 2024.