Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Ideopolitor: Konsolidasi Ideologis dalam Gerakan Muhammadiyah di Kulon Progo

Senin, 13 November 2023 | 10.44 WIB Last Updated 2023-11-14T04:01:47Z

YOGYAKARTA - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kulonprogo menggelar acara Ideopolitor (Ideologi, Politik, dan Organisasi) pada Ahad, 12 November 2023 di Gedung AR Fahkruddin B Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Acara yang dihadiri oleh peserta dari PDM, PDA, PCM, PCA, PRM, PRA, dan ORTOM se-Kulon Progo ini bertujuan untuk menguatkan konsolidasi ideologis dalam gerakan Muhammadiyah. 

Dr. Farid Setiawan MPd, Wakil Sekretaris PWM DIY menjelaskan bahwa Ideopolitor adalah suatu upaya yang sangat penting dalam konteks konsolidasi ideologis. Ideopolitor melibatkan dialog dan diskusi agar para pimpinan Muhammadiyah memiliki pemahaman dan gerakan yang selaras dalam hal ideologi, politik, dan organisasi.

"PWM DIY menyambut gembira atas kegiatan ini. Kajian Ideopolitor diharapkan semakin meneguhkan komitmen dan semangat kita dalam mengawal perjalanan Persyarikatan Muhammadiyah di Kulon Progo," imbuhnya sekaligus membuka kegiatan Ideopolitor.

Rektor UMY, Gunawan Budiyanto, turut memberikan dorongan untuk menghidupkan usaha ekonomi dari Muhammadiyah. Dalam pidatonya, beliau menyatakan, "Sejak sebelum Indonesia merdeka, Muhammadiyah sudah memberi kontribusi besar kepada negeri ini." Ajakan tersebut merupakan bentuk dukungan agar Muhammadiyah dapat menjadi kuat dan mandiri dalam berbagai sektor.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kulon Progo, Nurudin, berbicara tentang pengembangan ranting. Ia mendorong semua pihak untuk terus berusaha mengembangkan ranting dengan niat, tekad, dan semangat. Dengan semangat Man Jadda Wajada (siapa yang sungguh-sungguh pasti berhasil), Nurudin optimis bahwa pencapaian tersebut dapat terwujud.

Acara ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam memperkuat konsolidasi ideologis dalam gerakan Muhammadiyah di Kulonprogo dan mendorong pengembangan serta kemajuan di berbagai bidang, sesuai dengan prinsip dan nilai-nilai yang diemban oleh Persyarikatan Muhammadiyah. (her)