Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sekelumit Harapan: Milad Ke 97 SD Muhammadiyah Mutihan

Sabtu, 12 Agustus 2023 | 11.48 WIB Last Updated 2023-08-12T05:26:08Z

Sekolah Dasar ini  usianya sudah terlalu tua, 97 tahun. Ya, 3 tahun lagi SD Muhammadiyah Mutihan akan merayakan usia satu abad. Hitungan usia yang sudah saatnya menjadi kiblatnya pendidikan formal di Kulon Progo. 

Suka duka mungkin sudah banyak dirasakan oleh para syuhada pendidikan dari kalangan Muhammadiyah. Ketangguhannya telah teruji. Di saat beberapa Sekolah Dasar pamit beristirahat menutup sekolahannya karena tak kuat menahan gempuran modernisasi pendidikan, SD Muhammadiyah Muhammadiyah Wates tetap berdiri tegak bahkan terus berkembang dari tahun ke tahun. 

Jumlah 18 rombongan belajar sangatlah gemuk dan subur untuk ukuran SD. Tentu ini membanggakan bagi semua warga persyarikatan, apalagi ia hadir di kota kecil, Wates, bukan di kota besar seperti Yogyakarta. 

Tentu perlu disadari SD ini bisa menjadi besar bukanlah karena dirinya sendiri. SD Muhammadiyah Mutihan menjadi besar disebabkan terjalinnya sinergi dan kolaborasi antara pihak sekolah, stake holder dan masyarakat yang selama ini telah berjalan baik. Sinergi dan kolaborasi ini sangat penting untuk terus dipelihara dan ditingkatkan agar SD Muhammadiyah selalu mendapat hati di kalangan masyarakat yang lebih luas.

SD Muhammadiyah Mutihan pada awalnya merupakan sekolah yang relatif tertinggal dengan SD lainnya. Kalau boleh saya ibaratkan, jangankan ayam kambing pun bisa masuk ruang kelas, karena waktu itu di beberapa pojok kelas anyaman bambu sebagai dinding kelas sudah terlihat rusak parah. Tempatnya pun berpindah-pindah karena memang belum mempunyai tanah hak milik sendiri. Boleh dikata, karena kepedulian dan baik hatinya warga dan simpatisan Muhammadiyah maka SD Muhammadiyah Mutihan tetap bisa bertahan.

Melihat perkembangannya saat ini, pasti menjadi sebuah kebanggaan yang luar biasa bagi alumni, warga dan simpatisan Muhammadiyah di Kulon Progo.

Semoga ke depan SD Muhammadiyah Mutihan Wates semakin hebat dan tangguh di tengah kompetisi pendidikan formal yang semakin ketat. Pun pula semoga pembelajaran berpusat pada peserta didik dalam bingkai pembelajaran yang menyenangkan dalam bingkai nilai-nilai Islam.

Fastabiqul khairat.
Sugeng Milad SD Muhammadiyah Wates ke-97.
Salam matahari terus bersinar

Samsuri Nugroho, alumni 1973