Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

KKN Mubaligh Hijrah Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang ke 108 di Kecamatan Tepus Gunungkidul Mengadakan Festival Anak Sholeh

Selasa, 11 April 2023 | 13.35 WIB Last Updated 2023-05-26T23:30:10Z




Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini merupakan kesempatan untuk berdakwah dan berbuat kebaikan. Berbagi ilmu kepada masyarakat dalam bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang kemudian dikemas menjadi program Kuliah Kerja Nyata (KKN) reguler Mubaligh Hijrah (MH) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta yang ke 108. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu bulan yang dimulai dari tanggal 16 Maret 2023 sampai dengan tanggal 15 April 2023.
Mahasiswa peserta KKN MH Reguler ke-108 unit I.A.1 diterjunkan dalam satu tempat yaitu kecamatan Tepus. Kemudian, mahasiswa yang berjumlah 8 ini diterjunkan ke berbagai masjid di kecamatan Tepus diantaranya Masjid An-Nur Puleireng, Masjid Al-Fajar Bengle, Masjid Al-Jihad Ngasem, Masjid Al-Azhar Bintaos, Masjid Ar-Rahman Jati dan Masjid Al-Huda Peloso. Kegiatan peserta KKN MH ini selama satu bulan yaitu mengajar TPA, mengisi kultum baik setelah taraweh maupun setelah subuh, menjadi imam dan khatib bagi yang laki-laki, mengikuti tadarus bersama di masjid, memberikan bimbingan belajar kepada anak-anak di desa tersebut dan mengikuti kajian Ahad pagi yang diadakan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) kecamatan Tepus.
Tepat seminggu menjelang penarikan yaitu pada hari Sabtu, 8 April 2023 peserta KKN MH UAD yang berada di kecamatan Tepus mengadakan Festival Anak Sholeh yang bertempat di SMP Muhammadiyah 1 Tepus. Kegiatan Festival Anak Sholeh ini mengangkat tema "Penerapan Nilai-nilai Islam, Wujudkan Generasi Muda yang Berakhlak Mulia". Kegiatan ini diikuti oleh anak-anak TPA binaan peserta KKN MH UAD tersebut yang berjumlah 64 peserta dari 8 masjid di kecamatan Tepus dengan empat cabang lomba, yaitu lomba adzan, hafalan surat pendek, mewarnai dan cerdas cermat agama. Kategori perlombaan festival anak sholeh ini dimulai dari TK-PAUD sampai SMP. Tujuan diadakannya Festival Anak Sholeh ini adalah untuk menerapkan nilai-nilai keislaman anak, mengembangkan minat anak dengan adanya kompetisi yang sehat, dan mengisi bulan Ramadhan dengan kegiatan yang bermanfaat.
Pembukaan acara Festival Anak Sholeh ini dihadiri oleh sejumlah tamu undangan, yaitu dari perwakilan PCM kecamatan Tepus, Bapak dukuh Puleireng, perwakilan dari SMP Muhammadiyah 1 Tepus dan beberapa orang tua sebagai pendamping peserta lomba. Dalam sambutannya, pak Warno selaku perwakilan dari PCM kecamatan Tepus mengucapkan terimakasih kepada kepala sekolah SMP Muhammadiyah 1 Tepus yang telah memberikan fasilitas kepada kita untuk melaksanakan festival anak sholeh ini, beliau juga mendo'akan agar acara ini berjalan dengan lancar.
Acara ditutup dengan pengumuman dan pembagian hadiah. Kemudian, kategori juara umum diraih oleh TPA Masjid An-Nur Puleireng. Melalui program Festival Anak Sholeh ini diharapkan mahasiswa UAD dapat berdakwah menyiarkan agama Islam di wilayah Gunungkidul. Selain itu, diharapkan bulan Ramadhan ini menjadi bulan yang sangat berkah dengan adanya kegiatan yang bermanfaat ini.